TEKNOLOGI SISTEM CERDAS
SISTEM CERDAS
PENGERTIAN SISTEM CERDAS
Sistem Cerdas merupakan bagian dari bidang Ilmu
Komputer/Informatika dan Rekayasa Cerdas untuk pengembangan berbagai metode
bekemampuan tinggi yang diilhami oleh fenomena alam untuk menyelesaikan
berbagai masalah kompleks di dunia nyata. Masalah-masalah kompleks tersebut
juga bisa berkaitan dengan pengolahan big data dan
perancangan embedded systems.
Sistem cerdas adalah sistem yang dapat mengadopsi sebagIan
kecil dari tingkat kecerdasan manusia untuk berinteraksi dengan keadaan
eksternal suatu sistem. Sebagian kecil dari tingkat kecerdasan itu, antara
lain: kemampuan untuk dilatih, mengingat kembali kondisi yang pernah dialami,
mengolah data-data untuk memberikan aksi yang tepat sesuai yang telah
diajarkan, dan kemampuan menyerap kepakaran seorang ahli melalui perintah yang
dituliskan dalam sebuah bahasa pemrograman tertentu. Sub-bab berikut membahas
secara singkat tiga buah sistem cerdas yang dimaksud.
Kecerdasan
Buatan (Artificial Intelligent, AI) telah menjadi wacana umum yang sangat
penting dan banyak dijumpai. Kecerdasan Buatan atau Sistem cerdas atau
Intelegensi Buatan atau Artificial Inteligence merupakan cabang terpenting
dalam dunia komputer. Komputer tidak hanya alat untuk menghitung tetapi
diharapkan dapat diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang bias
dikerjakan oleh manusia. Manusia mempunyai pengetahuan, pengalaman dan
kemampuan penalaran dengan baik, agar komputer bisa bertindak seperti dan
sebaik manusia, maka komputer juga harus dibekali pengetahuan dan mempunyai
kemampuan untuk menalar.
SEJARAH SISTEM CERDAS
Pada
awal abad 17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa
melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal menciptakan mesin
penghitung
digital mekanis pertama pada 1642. Bertrand
Russell dan Alfred North Whitehea menerbitkan Principia Mathematica, yang
merombak logika formal.Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan
"Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas " pada 1943 yang
meletakkan pondasi untuk jaringan syaraf.
Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif
dalam AI. Program AI pertama yang bekerja
ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin
Ferranti Mark I di University of Manchester
(UK): sebuah program permainan naskah yang
ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh
Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah "kecerdasan buatan "
pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan ini, pada 1956.
Dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp. Alan Turing memperkenalkan
"Turing test" sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test perilaku
cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan
psikoterapi Rogerian.
Selama tahun 1960-an dan 1970-an, Joel
Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan
masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses
pertama kali dalam bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour Papert
menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan syaraf sederhana
dan Alain Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted Shortliffe
mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi
pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala
disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan
terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan berintang yang kusut secara
mandiri.
Pada tahun 1980-an, jaringan syaraf digunakan secara meluas dengan algoritma perambatan balik, pertama kali diterangkan oleh Paul John Werbos pada 1974. Tahun 1990-an ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi berbagai macam aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer permainan catur, mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang terkenal pada tahun 1997. DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui penerapan metode AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada pemerintah AS. Tantangan Hebat DARPA, yang dimulai pada 2004 dan berlanjut hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia, menggunakan GPS, komputer dan susunan sensor yang canggih, melintasi beberapa ratus mil daerah gurun yang menantang.
Pada tahun 1980-an, jaringan syaraf digunakan secara meluas dengan algoritma perambatan balik, pertama kali diterangkan oleh Paul John Werbos pada 1974. Tahun 1990-an ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi berbagai macam aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer permainan catur, mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang terkenal pada tahun 1997. DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui penerapan metode AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada pemerintah AS. Tantangan Hebat DARPA, yang dimulai pada 2004 dan berlanjut hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia, menggunakan GPS, komputer dan susunan sensor yang canggih, melintasi beberapa ratus mil daerah gurun yang menantang.
CONTOH SISTEM CERDAS
1. ATM
ATM (Automatic teller
machine atau automated teller machine, di Indonesia juga kadang merupakan
singkatan bagi anjungan tunai mandiri) adalah sebuah alat elektronik yang
mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan
mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang “teller” manusia.
Komponen ATM
Setiap transaksi yang
terjadi informasinya akan diterima oleh komputer kemudian dikirimkan ke pusat
data melalui sarana telekomunikasi bisa line telpon, Vsat maupun radio, ATM ini
dapat dimonitor statusnya dari pusat data sehingga dapat diketahui apakah ATM
ini sedang mati atau uangnya sudah habis.
Mesin ATM terdiri dari 2 bagian :
a. Bagian Atas (Upper Compartement) :
– Monitor
– Customer keypad
– Card reader
– Journal printer
– Receipt Printer
a. Bagian Atas (Upper Compartement) :
– Monitor
– Customer keypad
– Card reader
– Journal printer
– Receipt Printer
b. Bagian Bawah (Lower Compartement) :
– Combination lock
– Dispenser module
– Cash cassette
– Reject cassette
– CPU
– Combination lock
– Dispenser module
– Cash cassette
– Reject cassette
– CPU
Cara Kerja ATM
ATM adalah merupakan sebuah terminal data yang mempunyai dua perangkat
input dan empat perangkat output. Seperti halnya sebuah terminal data, ATM
harus memiliki koneksi ,terhubung, dan berkomunikasi melalui sebuah host
processor (pusat proses). Pusat proses yang disertai oleh Internet service
provider (ISP) yg berfungsi sebagai jalur gateway untuk menuju keberbagai macam
jaringan ATM dan menjadikan berfungsi bagi si pemegang kartu ATM (orang yang
menginginkan uang).
2.
PINTU GESER OTOMATIS
Pintu otomatis dapat bekerja untuk
membuka dan menutup secara otomatis dengan menggunakan teknologi sensor. Sensor
merupakan suatu perangkat yang dapat mendeteksi keberadaan seseorang atau objek
lainnya ketika orang atau objek tersebut mendekati pintu otomatis. Biasanya,
sensor-sensor tersebut akan diletakkan di sekitar pintu otomatis. Sensor-sensor
ini juga akan diletakkan di kedua sisi yaitu sisi dalam dan sisi luar pintu
otomatis tersebut, sehingga pintu otomatis dapat bekerja dari kedua sisi.
Sensor kemudian akan mengaktifkan sistem yang akan menggerakkan motor yang akan
membuka dan menutup pintu otomatis.
Cara Kerja dan
Jenis-Jenis Sensor pada Pintu Otomatis
1. Sensor Optik
Sensor ini akan
memancarkan tirai infra merah yang berupa cahaya yang tidak tampak oleh mata
pada jarak jangkauan tertentu. Sensor ini akan bereaksi jika seseorang atau
sesuatu menghalangi cahaya infra merah yang dipancarkan. Jika seseorang
memasuki area yang disinari dengan cahaya ini, maka pancaran cahaya akan
terganggu dan menjadi tidak utuh. Hal ini menyebabkan program perintah untuk
menutup pintu terganggu. Terganggunya program untuk menutup pintu akan
menyebabkan pintu otomatis akan terbuka. Jika objek telah menjauh dari jarak
jangkauan sensor dan sinar sensor kembali utuh, maka pintu otomatis akan
menutup kembali.
2. Sensor
Gerakan
Sensor ini akan
memancarkan radar gelombang mikro. Hampir sama seperti pada sensor optik, jika
seseorang atau sesuatu berada dalam jangkauan radar maka sensor akan bereaksi
membuka pintu otomatis.
3. Sensor
Panas Tubuh
Ketika seseorang
berada di depan sensor panas tubuh, maka sensor panas tubuh akan menghitung
panjang gelombang yang dihasilkan oleh tubuh manusia tersebut. Ketika orang
tersebut berada dalam keadaan diam, maka panjang gelombang yang dihasilkan
berupa panjang gelombang yang konstan dan menyebabkan energi panas yang
dihasilkan digambarkan hampir sama dengan kondisi lingkungan di sekitarnya.
Ketika orang tersebut melakukan gerakan, maka panjang gelombang yang dihasilkan
berupa panjang gelombang yang bervariasi sehingga menghasilkan panas yang
berbeda dengan kondisi lingkungan di sekitarnya. Panas yang dihasilkan ini akan
dideteksi oleh sensor dan dilanjutkan dengan reaksi untuk membuka pintu
otomatis.
4. Sensor Tekanan
Sensor ini biasanya diletakkan di bawah keset
yang berada di depan pintu. Sensor ini akan bereaksi terhadap tekanan berat
objek yang berada di atasnya. Dan jika sensor telah menerima batasan minimal
berat yang diperlukan untuk membuka pintu, maka pintu otomatis pun akan
terbuka.
5. Sensor Jarak Jauh
Pada sensor ini
dibutuhkan pengendali jarak jauh yang dioperasikan secara manual untuk membuka
dan menutup pintu. Sensor jenis ini biasanya dipakai pada pintu garasi
otomatis.
Input : adanya objek disekitar sensor
Proses : gerakan, tekanan, jarak dan suhu tubuh ditangkap oleh sensor
Output : pintu geser
otomatis terbuka dan bila tidak ada objek yang tertangkap ia tertutup
Input : kartu ATM yang terdapat magnetic
strip
Proses : Pada magnetic strip biasanya tertulis data pribadi pemegang kartu,
yang berisi nomor rekening, nomor pribadi serta kode access-nya. Dan tulisan
ini ditulis dalam bentuk kode-kode tertentu, dan hanya bisa dibaca oleh
komputer yang dilengkapi dengan mesin khusus untuk kartu magnetic strip
tersebut.
Output : kita dapat
mengambil dan mentransfer uang ke rekening bank lain yang menyebabkan perubahan
dari rekening kita.
SUMBER:
,
Komentar
Posting Komentar