Perbedaan Grafik Komputer dan Pengolahan Citra dalam Bidang Video Game


GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA
Umumnya jika kita mendegar kata grafik maka yang akan terfikirkan adalah gambar diagram. Kenyataannya grafik adalah gambar yang dibuat dengan cara apapun, termasuk menggunakan program yang berada didalam komputer. Grafik tak hanya terpaku pada diagram, gambar visual buatan semacam di dalam game pun termasuk grafik.
       Sama halnya dengan citra, mungkin kata citra kaitannya dengan pencitraan, yang biasanya berkaitan dengan kehormatan. Kenyatanya kata citra sendiri berarti gambar yang diperoleh dengan alat pengambilan gambar (seperti : mata manusia, kamera, scanner, sensor satelit, dll). Maka, ketika kita mengambil foto dengan kamera itu dikatakan sebuah citra.
       Grafik komputer (Inggris: Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah grafik komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition).
       Sedangkan pengolahan citra yaitu gambar yang di input ke dalam proses pengolah citra atau gambar yang sudah tersedia, sehingga mudah diinterpretasi oleh manusia atau komputer dengan melakukan transformasi suatu citra menjadi citra baru yang lainnya. Sehingga dapat diambil kesimpulan singkat, bahwa grafik komputer merupakan proses pembuatan gambar dari awal sampai akhir menggunakan komputer, sedangkan pengolahan citra mengolah gambar dari sebuah gambar yang sudah ada yang tentunya gambar yang sudah ada tersebut merupakan sebuah citra.
       Perkembangan grafik komputer berkembang sangat cepat mengikuti perkembangan jaman pada masa global seperti sekarang jaman milenial. Berikut beberapa hasil dari implementasi grafik komputer dan pengolahan citra dari salah satu bidang.
Dalam Grafik Komputer terdapat berbagai bidang, salah satunya adalah Video Game.
Video Game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris hingga yang rumit 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
devices. Video Game telah banyak sekali digunakan pada jaan milenial seperti sekarang, karena penggunaannya yang cukup mudah, praktis dan dalam gambar pun sudah bagus.



Dalam Pengolahan Citra terdapat berbagai bidang, salah satunya adalah Bidang Visual.
Bidang Visual digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain-lain.
Bidang Visual ini contohnya seperti drone, drone merupakan kamera yang digerakan oleh remote control dan drone ini akan mengambil sebuah video ataupun foto yang bisa kita lihat di remote control tersebut, seperti apa gambar yang kita ambil.


Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Pengolahan_citra 
https://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Layanan Sistem Informasi - Richeese Factory

ANIMASI

Konsep Ilmu Budaya Dasar