Perbedaan Grafik Komputer dan Pengolahan Citra dalam Bidang Video Game
GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA
Umumnya jika kita
mendegar kata grafik maka yang akan terfikirkan adalah gambar diagram. Kenyataannya
grafik adalah gambar yang dibuat dengan cara apapun, termasuk menggunakan
program yang berada didalam komputer. Grafik tak hanya terpaku pada diagram,
gambar visual buatan semacam di dalam game pun
termasuk grafik.
Sama
halnya dengan citra, mungkin kata citra kaitannya dengan pencitraan, yang
biasanya berkaitan dengan kehormatan. Kenyatanya kata citra sendiri
berarti gambar yang diperoleh dengan alat pengambilan gambar (seperti :
mata manusia, kamera, scanner, sensor satelit, dll). Maka, ketika kita
mengambil foto dengan kamera itu dikatakan sebuah citra.
Grafik komputer (Inggris: Computer graphics) adalah bagian dari
ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana
dari grafik komputer adalah grafik komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi
grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image
processing), dan pengenalan pola (pattern
recognition).
Sedangkan pengolahan citra
yaitu gambar yang di input ke dalam proses pengolah citra atau gambar yang
sudah tersedia, sehingga mudah diinterpretasi oleh manusia atau komputer dengan
melakukan transformasi suatu citra menjadi citra baru yang lainnya. Sehingga dapat
diambil kesimpulan singkat, bahwa grafik komputer merupakan proses pembuatan
gambar dari awal sampai akhir
menggunakan komputer, sedangkan pengolahan citra mengolah gambar dari sebuah
gambar yang sudah ada yang tentunya gambar yang sudah ada tersebut merupakan
sebuah citra.
Perkembangan grafik komputer
berkembang sangat cepat mengikuti perkembangan jaman pada masa global seperti
sekarang jaman milenial. Berikut beberapa hasil dari implementasi grafik
komputer dan pengolahan citra dari salah satu bidang.
Dalam Grafik
Komputer terdapat berbagai bidang, salah satunya adalah Video Game.
Video Game adalah permainan yang melibatkan interaksi
dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris hingga yang rumit 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
devices. Video Game telah banyak sekali digunakan pada jaan milenial seperti sekarang, karena penggunaannya yang cukup mudah, praktis dan dalam gambar pun sudah bagus.
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris hingga yang rumit 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
devices. Video Game telah banyak sekali digunakan pada jaan milenial seperti sekarang, karena penggunaannya yang cukup mudah, praktis dan dalam gambar pun sudah bagus.
Dalam Pengolahan Citra terdapat
berbagai bidang, salah satunya adalah Bidang Visual.
Bidang Visual digunakan untuk pemotretan lewat
satelit, GPS, foto kamera dan lain-lain.
Bidang Visual ini
contohnya seperti drone, drone merupakan kamera yang digerakan oleh remote control dan drone ini akan
mengambil sebuah video ataupun foto yang bisa kita lihat di remote control tersebut, seperti apa
gambar yang kita ambil.
Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Pengolahan_citra
https://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer
Komentar
Posting Komentar