Manajemen Layanan Sistem Informasi - Richeese Factory
TUGAS MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
RICHEESE FACTORY
Disusun
Oleh:
Dio Jati Laksono (12116119)
J Yobel Permana Manalu (13116659)
Jose Bonagabe (13116752)
Muhammad Vernand Satria N (15116134)
Universitas
Gunadarma
Sistem
Informasi
2018
1.
Service
Strategy
Richeese
Factory menyediakan tempat yang nyaman bagi siapa saja yang ingin makan di
tempat. Dengan pencahayaan yang nyaman dan suasana yang nyaman dan
didukung juga tersedianya layanan akses
wi-fi gratis, membuat para pelanggan ingin berlama-lama disana. Bila kita
memesan makanan Richeese Factory pada outletnya langsung antriannya sangat
bagus, tidak perlu menunggu terlalu lama. Recheese Factory buka dengan sistem
24 jam. Proses pemesanan dengan SOP pegawai yang ramah dan bagus, membuat orang
nyaman makan di Recheese Factory. Richeese Factory juga memberikan pelayanan:
-Delivery
service
-Drive
thru
-Birthday
party
2.
Service
Design
Richeese
Factory adalah QSR (Quick Service Restaurant) di mana hampir semua menu
disajikan dengan saus keju yang enak (cheese dip). Menu yang ditawarkan di
restoran ini hampir sama dengan restoran cepat saji ayam goreng yang lainnya.
Namun, ada menu yang menjadi unggulan mereka. Menu unggulannya adalah ayam
berlevel pedas dengan tambahan sausnya yang sangat khas yang hanya dimiliki
restoran ini yaitu saus keju. Saus keju inilah yang menjadi ciri khas dari
restoran cepat saji Recheese Factory.
Recheese
Factory menawarkan beberapa menu dengan paket dan harga tertentu untuk memikat
daya tarik pelanggan. Dengan membeli menu paket yang besar akan sedikit lebih
murah dibandingkan membeli menu biasa.
Restoran
ini didesain unik agar menjadi tempat santai yang nyaman untuk semua, mulai
dari anak muda hingga keluarga. Pelanggan dapat merayakan kebersamaan dan
keceriaan bersama sambil menikmati berbagai menu yang disajikan lengkap oleh
Richeese Factory.
3. Service
Transition
Dalam
kacamata pemasaran dapat dianalisis pada yaitu Product, Price, Place,
Promotion, Process, dan Physical evidence. Dari segi product dapat dianalisis
bahwa Recheese Factory ini lebih berinovasi dengan menu baru seperti spicy wing
dengan level pedasnya sesuai pelanggan dan dengan tambahan saus keju sebagai
ciri khas Richeese Factory. Dengan inovasi baru tersebut Richeese Factory dapat
lebih banyak menarik pelanggan untuk mengkonsumsi produk mereka. Rata-rata
orang indonesia lebih senang dengan menu-menu makanan yang baru. Dari segi
Promotion, Recheese Factory memang tidak terlalu menyebarluaskan tentang produk
mereka. Namun, dari sisi lainnya meraka memanfaatkan dari aktifitas para
pelanggannya di sosial media. Pelanggan itu sendiri yang menyebarluaskan produk
Recheese Factory dari posting pada sosial media para pelanggan.
4.
Service
Operation
Pada
prinsipnya sistem operasional Richeese Factory merupakan aliran kerja yang
diterjemahkan secara baku ke dalam proses otomatisasi. Pesanan pelanggan
diterima oleh sistem point of sale (order station) yang akan dicatat oleh
makaline station sebagai pengumpul data kolektif dari beberapa order station.
Kemudian pesanan pelanggan akan diproses langsung oleh kitchen dengan hardcopy
document transaksi sebagai perintah kerja. Semua data transaksi akan tersimpan
didalam file server, sedangkan driver routing diperlukan sebagai pengawas
kegiatan operasional yang akan dipantau langsung oleh headquater melalui
jaringan WAN. Kemudian ada DSS yang merupakan suatu sistem yang memberikan
dukungan komputer secara langsung kepada seorang manajer dalam proses
pengambilan/pembuatan keputusan. Bagi Richeese Factory sendiri penggunaan DSS terlihat
ketika setiap store manager dapat mengontrol performance sistem secara langsung
dan interaktif, juga dilengkapi dengan management tool analysis dalam
menganalisa business forecasting dan manajemen persediaan.
5. Continual
Service Improvement
Tentu
saja masih banyak sekali pekerjaan yang harus diperbaiki lagi oleh Richeese
Factory, semua pelayanan yang ada harus lebih ditingkatkan lagi guna memberikan
kepuasan kepada pelanggan yang ada, sehingga berdampak baik bagi perusahaan
seiring jumlah pelanggan/konsumen yang meningkat. Mulai dari pelayanan SOP
pegawai yang harus lebih baik dan ramah lagi, kemudian pelayanan delivery
service yang harus lebih baik lagi dari sebelumnya, seperti cara pemesanan
makanan melalui aplikasi yang ada, harga, dan pengantaran makanan. Peningkatan
software-software yang digunakan sangat dibutuhkan seiring berjalannya waktu
karena pelayanan dalam bidang IT sudah tidak bisa dianggap remeh lagi di jaman
yang semakin berkembang ini.
Daftar Pustaka
Richessee Ciledug raya pelayanan jelek banget.
BalasHapusTolong tindak